Tips Membaca Berita Online Agar Tidak Tertipu Hoax

Spread the love

Dalam sebuah berita, apa lagi sekarang sudah banyak sekali media online yang beredar di internet, membuat kita kesulitan untuk memilih dan memilah mana berita yang terpercaya atau berita yang hoax. Situs media berita online terpercaya seperti situs berikut online ini memang merupakan salah satu media terpercaya yang bisa di katakan, memberikan berita – berita terupdate dan inovatif. Namun memang tidak dipungkiri, sekarang semakin banyak media atau berita online yang tidak kredibel atau tidak bisa kita percaya seutuhnya. Pada artikel ini, kita akan memberikan beberapa tips bagaimana membaca berita online agar tidak tertipu hoax.

Tips Mengetahu Suatu Berita Hoax Atau Tidak

Ada beberapa tips yang bisa diketahui agar dapat membedakan mana suatu berita yang terpercaya, dan mana berita yang hoax atau palsu. Berikut beberapa tips membedakannya.

  • Melihat dari Judul Berita

Secara umum, sebuah berita yang hoax biasanya akan diberikan judul yang berbau sensasional dan juga provokatif, yang biasanya langsung tertuju pada suatu pihak tertentu. Dan juga isi berita dikutip dari beberapa media resmi yang mungkin bisa dipercaya, akan tetapi sudah di ubah dan di rangkai ulang menjadi sebuah informasi yang salah, yang membuat para pembaca menjadi berpikir seperti apa yang di inginkan oleh pencipta berita hoax tersebut. Jadi sebelum membaca suatu berita online, cermati dan teliti dulu judul yang diberikan.

  • Mengecek Fakta dari Beritanya

Mengatasi berita hoax selanjutnya adalah harus bisa memeriksa atau mengecek fakta dari berita yang telah dibaca. Dalam sebuah berita, pasti intinya akan ada sebuah informasi baru atau fakta baru yang diberitakan atau di sampaikan. Nah, periksa fakta yang ada pada berita tersebut, cek dengan membandingkan dengan berita dari sumber terpercaya lain seperti situs berikut online ini yang merupakan situs media online terpercaya. Lakukan pengecekan berita tidak hanya dengan satu situs berita, tetapi lebih dari satu agar bisa mendapatkan fakta yang lebih terpercaya lagi.

  • Teliti Keaslian dari Foto pada Berita

Tips selanjutnya, melihat dan meneliti seberapa keaslian foto yang terlampir pada sebuah berita online. Terkadang, sebuah berita online memberikan foto atau gambar yang keterangannya berbeda dengan apa yang di beritakan. Foto yang di lampirkan pada sebuah berita hoax biasanya asal ambil, atau tidak sesuai dari fakta berita yang ada. Jadi sebisa mungkin lihat foto pada berita, dan bandingkan dengan fakta yang ada di dalam berita yang sudah di baca agar bisa menentukan apakah itu hoax atau tidak.

  • Telusuri Alamat Situs

Tips selanjutnya yang juga terbukti cukup ampuh untuk mengidentifikasi apakah sebuah berita bisa di katakan hoax atau tidak adalah dengan bergabung ke dalam grup atau kelompok Anti – Hoax. Sekarang, sudah banyak grup anti – hoax yang bisa ditemukan mudah pada media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan juga situs – situs di internet. Di dalam grup tersebut, ada banyak sekali bukti atau klarifikasi berita yang sudah di teliti oleh anggota grup, mengenai sebuah berita apakah itu hoax atau bukan.

Cara Melapor Sebuah Berita Hoax

Setelah mendapati sebuah berita online yang kemungkinan besar adalah berita hoax, sudah pasti langkah yang harus di tempuh adalah melaporkan berita tersebut ke pihak yang lebih berwewenang menanganinya. Namun, masih banyak para pembaca yang kurang paham bagaimana cara melaporkan sebuah berita hoax. Berikut cara melaporkan berita hoax yang benar dan tepat.

  • Menggunakan Fitur Report

Pada berita online, khususnya jika menemukannya pada jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan media lainnya pasti memiliki yang namanya fitur report. Bisa melaporkan berita hoax tersebut dengan menggunakan fitur report, yang nanti akan di tindak lanjuti oleh pihak media sosial dan akan langsung di hapus secara otomatis bila memang terbukti hoax dan membahayakan.

  • Menggunakan fitur feedback Google

Jika berita online hoax yang ditemukan berasal dari mesin pencari Google, cara melaporkannya bisa menggunakan yang namanya fitur feedback pada Google. Dengan melapor menggunakan fitur feedback ini, nantinya Google otomatis akan menghilangkan situs yang memberikan berita – berita hoax dari halaman pencarian.

  • Melapor pada Kominfo

Dan cara terakhir, caranya langsung melapor kepada Kominfo dengan cara email yang disertai informasi seputar situs berita hoax, screenshoot berita, dan bukti lain yang menguatkan bahwa berita tersebut adalah hoax. Dengan begitu, akan langsung di tindak lanjuti oleh pihak Kominfo.

Itulah tadi beberapa cara terbaik untuk membuktikan apakah sebuah berita bisa di katakan hoax atau tidak, serta juga cara melaporkan sebuah berita hoax dengan benar. Pastikan membaca berita pada situs media online terpercaya di situs berikut online berikut yang menyediakan berbagai informasi terpercaya, yang dikemas secara inovatif dan inspiratif.